7 Cara Merawat Mobil Bekas Agar Performanya Tetap Bagus


Cara merawat mobil bekas memang gampang-gampang susah. Namun, sebenarnya perawatannya tidak jauh berbeda kok dengan mobil baru.

Hanya saja mungkin kamu harus melakukan penggantian pada bagian-bagian yang sudah lama dan tidak bisa berfungsi optimal.

Mobil bekas tetap bisa memiliki performa yang bagus asalkan rutin melakukan servis dan perawatan jenis lainnya.

Mengingat biaya perawatan mobil tidaklah murah, apalagi untuk mobil bekas, sebaiknya kamu memiliki proteksi finansial seperti asuransi mobil.

Dengan memiliki asuransi mobil akan meringankan beban finansial kamu dari biaya-biaya perbaikan mobil lainnya.

Cara Merawat Mobil Bekas

Dalam pembahasan di bawah akan dijelaskan tips dan cara merawat mobil bekas agar selalu dalam kondisi prima dan nyaman digunakan. Simak selengkapnya dalam uraian berikut!

1. Rutin Mengecek Komponen Mobil

Cara pertama, kamu harus rutin mengecek komponen-komponen mobil bekas kamu secara rutin. Kamu bisa memulai pengecekan mobil dengan hal-hal sederhana yang bisa kamu lakukan sendiri di rumah.

Pengecekan bisa dimulai dengan memastikan ban mobil dalam kondisi yang baik, kemudian lanjut pada komponen rem, mesin, dan lainnya.

Pengecekan yang dilakukan secara rutin bertujuan untuk mengetahui kondisi mobil bekas kamu dalam kondisi prima.

Selain itu, kamu juga bisa mengetahui lebih dini apabila komponen mobil mengalami masalah kerusakan, jadi ketika harus diservice kerusakannya masih belum parah.

2. Ganti Oli Secara Berkala

Kedua, kamu juga harus memperhatikan masa pakai oli kendaraan, apalagi mobil yang kamu pakai adalah mobil bekas yang biasanya sering mogok jika tidak dirawat dengan baik.

Sebagai salah satu bagian penting yang bisa mempengaruhi kinerja mesin mobil, mengganti oli secara berkala memang wajib hukumnya. Mobil yang jarang ganti oli bisa mengakibatkan gesekan antar komponen-komponen mobil dan memicu kerusakan kendaraan secara menyeluruh.

3. Ganti Air Radiator Secara Rutin

Ketiga, pastikan untuk rutin mengganti air radiator. Komponen ini dipakai sebagai alat bantu untuk mendinginkan mesin mobil saat suhunya memanas. Air radiator mengambil peran sebagai penetralisir agar mesin tidak overheating.

Dalam air radiator ada kandungan anti-freeze dan anti-corrosion yang berfungsi untuk mendinginkan mesin mobil.

Air radiator harus rutin diganti untuk menghindari penyusutan kandungan-kandungan tersebut sehingga tidak bisa lagi secara maksimal melindungi mesin mobil.

4. Teratur Mencuci Mobil

Keempat, cara merawat mobil bekas agar selalu dalam kondisi prima saat dikendarai yaitu dengan memperhatikan kebersihan mobil.

Ingat, mencuci mobil tidak terbatas membersihkan bagian body luar mobil saja, tetapi harus menyeluruh hingga bagian dalam dan bawah mobil.

Kamu harus menjadwalkan waktu untuk mencuci mobil agar kondisinya selalu bersih dan nyaman dikendarai.

5. Perhatikan Kebersihan Interior Mobil

Kelima, kamu juga harus pastikan bahwa interior mobil dalam kondisi yang bersih. Cek secara menyeluruh dari mulai bagian karet jendela, kondisi jok mobil, kabin, hingga karpet di dalam mobil.

Sesekali kamu juga harus menjaga sirkulasi udara di dalam mobil, pastikan untuk selalu harum dan tidak lembab.

Jadi walaupun mobil bekas, karena selalu dalam kondisi bersih kenyamanannya tidak kalah dengan mobil baru.

6. Pastikan Ban Mobil dalam Kondisi Optimal

Cara keenam, agar kondisi mobil bekas kamu selalu nyaman dikendarai kamu juga harus memperhatikan kondisi ban mobil. Pastikan keempat ban mobil yang digunakan berada dalam kondisi optimal.

Kamu bisa mengecek semua ban dalam setiap kesempatan saat ingin memakai mobil, jika ban dirasa sudah tipis, maka segera untuk menggantinya, ingat ban adalah salah satu komponen penting dalam mobil, apabila ada masalah dengan ban maka akan berpengaruh besar pada keselamatan berkendara.

7. Lakukan Service Rutin

Ketujuh, agar mobil bekas kamu selalu nyaman digunakan dan mesinnya terjaga, kamu perlu melakukan servis mobil rutin di bengkel langganan.

Lakukan servis menyeluruh mulai dari perawatan sederhana hingga mengecek bagian-bagian komponen mobil lainnya.

Pastikan bahwa kondisi mesin baik dan layak untuk dipakai sehari-hari, cek keadaan rem, dan komponen-komponen mobil lainnya.

Mobil yang diservis secara rutin akan meningkatkan kemampuan mesinnya. Selain itu, dengan cara ini juga kamu bisa mengetahui apabila ada bagian mobil yang sudah tidak layak atau terjadi kerusakan.

Kamu bisa mengetahui kondisinya sejak awal, jadi apabila ingin diperbaiki tidak menelan biaya yang sangat mahal.

Jadi, walaupun yang kamu miliki adalah mobil bekas, karena sering diservis, kinerjanya tidak kalah dari mobil baru yang nyaman dikendarai dan tetap dalam kondisi prima.

Jangan Lupa Miliki Asuransi sebagai Proteksi Finansial

Setelah mengetahui perawatan-perawatan apa yang harus dilakukan untuk mobil bekas, kini saatnya kamu mencari tahu produk asuransi mobil yang bisa meringankan beban finansialmu dari risiko-risiko yang terjadi pada mobil bekas.

Mengingat, kondisi mobil bekas tentu tidak sama dengan mobil baru, sehingga pasti ada saja masalah yang terjadi. Entah itu karena mesin yang bermasalah atau komponen-komponen lainnya.

Jika tidak ada proteksi finansial seperti asuransi mobil, tabungan kamu bisa boncos, loh! Kamu bisa memilih asuransi mobil Simas Insurtech yang bisa memberikan banyak manfaat. Mulai dari menjamin risiko atas kerugian atau kerusakan karena benturan, tabrakan, dan lain-lain.

Selain itu, asuransi mobil juga akan menjamin kerugian atau kerusakan total mencapai lebih dari 75%.

Bayangkan jika kamu tidak memiliki asuransi mobil, tentunya jumlah kerugian yang kamu alami akan banyak dan tabunganmu akan terkuras habis untuk perbaikan mobil.

Itu dia penjelasan tentang bagaimana cara merawat mobil bekas agar selalu dalam kondisi prima dan nyaman digunakan. Semoga informasi tersebut bisa bermanfaat.

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama